Home / 2013

Yearly Archives: 2013

Pengertian dan Sifat-sifat Koloid

Pengertian dan Sifat-sifat Koloid – Sistem koloid merupakan sistem pencampuran dua macam zat, terdiri atas komponen zat terlarut dan komponen pelarut. Komponen zat terlarut disebut fase terdispersi, sedangkan komponen pelarut disebut medium pendispersi. Sistem Larutan Suatu bentuk campuran yang  homogen antara zat terlarut dan zat pelarut. Sistem suspensi Suatu bentuk campuran yang  heterogen antara zat terlarut dan zat pelarut. Sifat ... Read More »

Fast & Furious 6, Very Unfortunate if Skipped

Fast & Furious 6, Very Unfortunate if Skipped – On saturday night (May, 25 2013) I’m with my friends was spent our time to watch new movie on cinema. We watched a movie titled “Fast & Furious 6“.  Fast & Furious 6 was released on  May 24, 2013. Fast & Furious 6 is a 2013 action film was written by ... Read More »

All About Khoid Diam di Mataku

All About Khoid Diam di Mataku – Saya akan bercerita tentang seseorang yang selama ini selalu di sampingku mendampingiku. Dia adalah khoid diam, nama aslinya sebenarnya bagus banget cuma dia kayaknya lebih suka kalo dipanggil koid :v. Dia adalah orang yang masih sangat muda, cakep dan cerdas. Dia adalah seorang programming yang menurutku cukup pandai dibanding saya :v. Sebenarnya saya ... Read More »

Mekarsari, Amazing Tourism Park

Mekarsari, Amazing Tourism Park – Ketika itu hari Minggu saya merasa males dan ingin tiduran di kasur, mungkin karena badan saya terlalu lelah karena kurang tidur. Kurang lebih jam 11 siang, Koid maen ke kosku dan mengajakku maen tuk melepas lelah dan refreshing sejenak. Sayapun bingung mau maen kemana karena saya sudah lumayan bosan maen ke mall. Setelah berfikir-fikir saya ... Read More »

Menyetarakan Persamaan Reaksi Kimia Sederhana

Menyetarakan Persamaan Reaksi Kimia Sederhana – Persamaan reaksi adalah pemaparan reaksi kimia (perubahan reaktan menjadi produk) dengan menggunakan rumus kimia zat-zat yang terlibat dalam reaksi. Contoh: 2H2 (g) + O2 (g)   —>   2H2O (l) Tanda panah menunjukkan arah reaksi dibaca “membentuk” atau “bereaksi menjadi”. Huruf kecil miring dalam tanda kurung mengikuti rumus kimia zat yang bersangkutan. Huruf : g ... Read More »

Menentukan Rumus Empiris dan Rumus Molekul Senyawa

Menentukan Rumus Empiris dan Rumus Molekul Senyawa – Dalam bab ini kita akan mempelajari bagaimana cara menentukan rumus empiris dan rumus molekul senyawa. Berikut ini pembahasan secara terperincinya : 1. Rumus Empiris dan Rumus Molekul Rumus Empiris adalah rumus yang menyatakan perbandingan terkecil atom- atom yang meyusun senyawa. Sedangkan rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah dan jenis atom- atom ... Read More »

Menjelaskan Proses Terbentuknya Ikatan Kovalen Koordinasi

Menjelaskan Proses Terbentuknya Ikatan Kovalen Koordinasi – Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan yang terjadi jika pasangan elektron yang dipakai bersama hanya berasal dari satu atom saja, sedangkan yang lain tidak menyumbangkan elektron. Ikatan ini terjadi pada atom yang memiliki pasangan elektron bebas ( PEB ). Contoh: 1. Pembentukkan NH4+   2. Pembentukkan H2SO4 3. Pembentukkan SO3 Read More »

Menentukan Elektron Valensi Unsur dari Konfigurasi Elektron

Menentukan Elektron Valensi Unsur dari Konfigurasi Elektron – Konfigurasi elektron merupakan susunan elektron dalam atom. Di bawah ini kita akan mempelajari tentang penentuan konfigurasi elektron dari unsur dan menentukan elektron valensi dari konfigurasi elektron tersebut. a. Konfigurasi Elektron Elektron- elektron dalam inti bergerak mengelilingi inti pada lintasan tingkat- tingkat energi tertentu yang disebut kulit atom. Setiap kulit diberi nomor dan nama. ... Read More »

Menentukan Kadar Unsur dalam Senyawa dan Pereaksi Pembatas

Menentukan Kadar Unsur dalam Senyawa dan Pereaksi Pembatas – Dalam bab ini kita akan mempelajari tentang cara menentukan kadar unsur dalam senyawa dan cara menentukan pereaksi pembatas. 1. Kadar Unsur dalam Senyawa Rumus empiris senyawa dapat ditentukan jika kadar unsur- unsurnya diketahui. Sebaliknya juga berlaku bahwa kadar unsur- unsur dapat ditentukan berdasarkan rumus empiris atau rumus kimia senyawa. Seperti telah ... Read More »

Penentuan Golongan dan Periode serta Sifat-sifat Periodik Unsur

Penentuan Golongan dan Periode serta Sifat-sifat Periodik Unsur – Dalam bab ini kita akan mempelajari Sistem Periodik Unsur yang meliputi cara menentukan golongan dan periode serta sifat-sifat periodik unsur dalam sistem periodik unsur. Berikut ini pembahasan secara terperincinya : 1. Periode dan Golongan Periode menyatakan jumlah kulit yang dimiliki oleh unsur. Unsur- unsur yang jumlah kulitnya sama ditempatkan pada periode ... Read More »