Home / 2014 / June

Monthly Archives: June 2014

Materi IPA SMP : Reaksi Kimia

reaksi kimia

Reaksi Kimia – Reaksi kimia adalah perubahan kimia dimana zat-zat yang bereaksi (reaktan) berubah menjadi zat-zat hasil reaksi (produk) sehingga terjadi perubahan kimia dari bentuk materi yang satu ke bentuk materi yang lain. Pada reaksi kimia selalu dihasilkan zat-zat baru dengan komposisi dan sifat-sifat baru, sehingga sifat yang dimiliki reaktan berbeda dengan sifat yang dimiliki produk. Reaksi kimia dituliskan dalam ... Read More »

Materi IPA SMP : Pengukuran

besaran-skalar-dan-vektor

Pengukuran – Mengukur adalah membandingkan besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan. Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur. Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan hasil pengukuran. Sistem pengukuran : Sistem MKS : Meter – Kilogram – Sekon (detik) Sistem cgs : centimeter – gram – sekon (detik) A. Besaran Pokok Besaran pokok adalah besaran yang satuannya ... Read More »

Materi IPA SMP : Unsur, Senyawa dan Campuran

Unsur, Senyawa dan Campuran

Unsur, Senyawa dan Campuran – Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Massa merupakan ukuran banyaknya materi yang terdapat dalam suatu benda. Massa dapat ditentukan dengan menggunakan neraca. Adapun ruangan yang ditempati materi merupakan volume. Materi dapat dibagi menjadi zat tunggal dan campuran. Skema pembagian materi adalah sebagai berikut : Unsur Unsur adalah zat tunggal yang tidak ... Read More »

Materi IPA SMP : Suhu dan Pemuaian

Suhu dan Pemuaian

Suhu dan Pemuaian – Suhu adalah derajat panas atau dingin suatu benda. Suhu termasuk besaran pokok, dalam satuan SI memiliki satuan Kelvin (K). Alat untuk mengukur suhu suatu benda disebut termometer. Prinsip termometer adalah perubahan suhu menyebabkan pemuaian zat. Jenis-jenis termometer menurut bahan pengisinya : 1. Termometer raksa 2. Termometer alkohol Jenis termometer menurut skala : 1. Celcius 2. Reamur ... Read More »

Materi IPA SMP : Pemisahan Campuran

Pemisahan Campuran

Pemisahan Campuran – Pada umumnya zat di alam ditemukan dalam bentuk campuran atau senyawa. Untuk men-dapatkan suatu zat dalam bentuk murni, maka harus dilakukan pemisahan. Pemisahan dapat dilakukan tergantung jenis dan ukuran zat tersebut. Jenis-jenis dan Dasar Pemisahan Campuran 1. Filtrasi (Penyaringan) Teknik penyaringan ini berdasarkan pada perbedaan ukuran partikel, sehing-ga digunakan untuk memisahkan campuran yang ukuran partikel zat-zat penyusunnya ... Read More »

Materi IPA SMP : Sifat Zat dan Perubahan Materi

Sifat Zat dan Perubahan Materi

Sifat Zat dan Perubahan Materi – Wujud materi dapat dibedakan menjadi tiga yaitu padat, cair dan gas. Materi padat mempunyai volume dan bentuk tetap, memiliki kerapatan partikel yang sangat tinggi dimana partikel tersebut tidak dapat bergerak bebas, dapat membentuk kristal. Materi cair mempunyai volume tetap dan bentuk tidak tetap, jarak antar partikel sedikit berjauhan dan bervariasi sehingga dapat bergerak bebas. ... Read More »

Materi Fisika SMP : Asam, Basa dan Garam

Asam, Basa dan Garam

Asam, Basa dan Garam – Dalam materi ini kita akan membahas sifat-sifat dari asam, basa dan garam. Berikut ini penjelasannya secara terperinci : 1. Asam Asam adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan dalam air akan memberi-kan ion hidrogen (H+). Asam dapat dibagi menjadi dua ma-cam, yaitu asam lemah dan asam kuat. Kuat lemahnya asam ditentukan oleh jumlah jumlah ion hidrogen ... Read More »

Materi Fisika SMP : Struktur Permukaan Bumi

Struktur Permukaan Bumi

Struktur Permukaan Bumi – Permukaan bumi terdiri dari tiga bagian : 1.    Litosfer 2.    Hidrosfer 3.    Atmosfer Litosfer Merupakan lapisan kerak bumi atau kulit bumi yang terdiri dari batuan-batuan dan tanah Bentuk permukaan daratan. Menurut ketinggiannya, permukaan daratan terdiri atas : 1.   Pegunungan  :  daerah yang mempunyai        ketinggian lebih dari 300 m 2. Perbukitan : daerah yang mempunyai ketinggian dibawah ... Read More »

Getaran, Gelombang dan Bunyi

Getaran, Gelombang dan Bunyi

Getaran, Gelombang dan Bunyi – Getaran adalah gerak bolak-balik secara periodik melalui titik keseimbangan Satu getaran  :  gerak dari A ke B ke C dan      kembali lagi ke A  (A – B – C – B – A) Amplitudo     :  simpangan maksimum (setengah ayunan terjauh) Simpangan     : jarak benda dari titik     keseimbangan. Frekuensi Frekuensi adalah Banyaknya getaran tiap ... Read More »

Gaya dan Hukum Newton serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Gaya dan Hukum Newton

Gaya dan Hukum Newton serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari – Gaya adalah suatu dorongan atau tarikan. Contohnya adalah sebagai berikut : a. benda diam menjadi bergerak b. benda bergerak menjadi diam c.  bentuk dan ukuran benda berubah d. arah gerak benda berubah Menurut Hukum II Newton besar gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan massa benda dan percepatan yang ... Read More »