Home / Education / Cara Mendidik Anak

Cara Mendidik Anak

Cara Mendidik Anak – Semua orang tua pastinya menginginkan mempunyai anak yang cerdas dan berperilaku baik. Ada beberapa faktor atau cara mendidik anak yang membuat seorang anak memiliki otak cerdas. Selama kita bisa memanfaatkan waktu , orang tua yang sibuk pasti tetap bisa membesarkan anaknya dengan baik. Tumbuh kembang anak tidak bergantung pada lama waktu alias kuantitas orang tua bersama anaknya, tetapi lebih kepada kualitasnya.

Cara Mendidik AnakMenjadi orangtua pada zaman modern saat ini tidak mudah. Apalagi jika orangtua mengharapkan anaknya tidak sekadar menjadi anak yang pintar, tetapi juga berperilaku baik dan taat pada agama. Menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada sekolah tidaklah cukup. Perlu dipahami bahwa anakpun tumbuh-kembang secara bertahap. Beberapa materi yang penting sejak dini ditanamkan adalah pendidikan keimanan, pendidikan untuk membiasakan beribadah, pendidikan akhlaq, pendidikan emosi. Berikut ini merupakan cara mendidik anak sesuai dengan apa yang seharusnya pendidikan yang didapat anak :
1. Mengendalikan perilaku dan pemikiran mereka
Sebuah emosi sangat menguasai logika berpikir anak-anak dan remaja. Remaja dan anak-anak jauh lebih banyak didorong oleh perasaan mereka daripada pemikiran yang baik untuk mereka. Membombardir pikiran mereka dengan nasehat positif, menjadikan diri kita motivator dadakan didepan mereka tidak akan mempan. Jadi dalam kondisi anak sedang emosi sebaiknya kita mampu mengerti dan mengenali perasaan emosi mereka terlebih dahulu secara perlahan, maka mereka akan terbuka dan mendengarkan saran logis dari kita. Anak-anak dan remaja akan melakukan sesuatu jika membuat mereka merasa nyaman.
2. Menjaga pergaulan anak
Sebaiknya anak dijaga dari pergaulan dengan anak-anak yang biasa bermegah-megahan dan bersikap angkuh. Jika hal ini dibiarkan maka anak akan mudah terpengaruh dari sikap buruk itu. Pergaulan yang jelek akan berpengaruh bagi anak. Bisa jadi setelah dewasa ia memiliki akhlak buruk, seperti suka berbohong, mengadu domba, keras kepala, merasa hebat sebagai akibat pergaulan yang salah di masa kecilnya. Hal ini dapat dicegah dengan memberikan pendidikan adab yang baik sedini mungkin kepada mereka.
3. Menanamkan ajaran agama sejak dini
Sebagai orang tua anda harus mengajarkan anak-anak anda ajaran agama yang baik. Misalnya jika anda beragama islam, anda harus mengajarkan tata sholat 5 waktu secara benar dan anak-anak juga harus ditanamkan rasa cinta untuk membaca Al Qur’an dan buku-buku agama, terutama di perpustakaan. Membaca Al Qur’an dengan tafsirnya, hadits Nabi dan juga pelajaran fikih. Dia juga harus dibiasakan menghafal nasihat-nasihat yang baik, sejarah orang-orang shalih dan kaum zuhud, mengasah jiwanya agar senantiasa mencintai dan meneladani mereka.
4. Mengembangkan rasa ingin tahu anak
Anak yang cerdas adalah anak yang selalu ingin tahu akan hal baru. Maka daripada itu sejak kecil biasakan anda sebagai orang tua harus selalu menunjukkan rasa ingin tahu kepada anak dan mengajarkan anak-anak ilmu-ilmu yang bermanfaat. Dengan semakin banyak yang anak pelajari akan membuat anak menjadi pintar.
5. Peran Lingkungan, Keluarga, dan Masyarakat
Pendidikan yang diberikan oleh orangtua kepada anak belumlah cukup untuk mengantarkan anak menjadi manusia yang berkepribadian baik dan cerdas. Anak juga membutuhkan sosialisasi dengan lingkungan tempat dia beraktivitas, baik di sekolah, sekitar rumah, maupun masyarakat secara luas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web