Home / Kesehatan / Cara Mengatasi Sembelit secara Alami

Cara Mengatasi Sembelit secara Alami

Cara Mengatasi Sembelit secara Alami – Sembelit merupakan masalah yang lebih umum daripada penyakit lainnya di kalangan masyarakat. Sembelit berarti tidak dapat mengeluarkan feses setiap hari, tidak mampu meringankan perut pada jam-jam tertentu, evakuasi tidak mencukupi dari perut, pengerasan feses dan tidak merasa lega setelah mengunjungi toilet.

Cara Mengatasi Sembelit secara AlamiSembelit mengacu pada setiap ketidakteraturan dalam buang air besar. Gerakan lambat dari makanan melalui usus besar dan jumlah waktu limbah tetap dalam usus besar merupakan faktor yang berkontribusi terhadap sembelit. Sembelit disebabkan oleh jumlah serat dalam makanan kita terlalu rendah, kondisi kesehatan yang ada seperti kehamilan, obat-obatan yang berlebihan, asupan susu yang berlebihan, terlalu banyak mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas, makan dalam porsi yang banyak, banyak meminum minuman yang berkafein, kurang olahraga dan stres.

Perubahan diet dan olahraga dapat mengatasi banyak hal tetapi mereka tidak selalu efektif seperti yang kita inginkan dan kita tidak ingin mengkonsumsi pencahar berlebihan, karena obat pencahar yang berlebihan dapat memberikan efek samping yang tidak bagus untuk tubuh kita. Jadi apa yang dapat Anda lakukan?Ada banyak obat buatan sendiri yang dapat membantu meringankan sembelit. Berikut ini beberapa cara mengatasi sembelit secara alami yang dapat anda terapkan dalam meringankan sembelit :
1. Makan buah-buahan dan sayuran yang cukup
Ada banyak buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat yang jika dikonsumsi secara teratur dapat berfungsi sebagai obat sembelit alami. Cobalah makanan buah seperti jeruk, pir, pepaya yang dapat memberikan vitamin dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa sayuran yang mungkin menawarkan bantuan sembelit seperti bayam, wortel dan lobak. Bayam dapat diambil sebagai jus atau dengan makan salad bayam mentah.
2. Teh jahe
Teh jahe adalah obat alami untuk sembelit yang sudah sangat terkenal. Ini membantu mempermudah buang air besar. Anda dapat menambahkan beberapa potong jahe ke dalam air panas, kemudian mendidihkan sesaat dan ditambah dengan daun teh, kemudian disaring dan minumlah secara rutin setiap hari.
3. Jus lidah buaya
Untuk membersihkan dan menyembuhkan sistem pencernaan mengambil jus lidah buaya dua kali sehari sangat membantu untuk mempermudah buang air besar. Ambil sehelai daun lidah buaya cuci sampai bersih, kemudian kelupas kulitnya, ambil gelnya kemudian blendder dengan segelas air. Minumlah secara rutin setiap hari.
4. Amla
Mengambil sesendok bubuk Amla dengan air hangat atau susu membantu dalam membersihkan perut dan menghilangkan sembelit. Usus dan perut tetap terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web