Home / Education / Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi – Merawat bayi bukan hal yang mudah, kita harus mengetahui bagaimana cara merawat bayi secara tebat dan benar agar bayi kita tumbuh sehat dan cerdas. Jika sudah terbiasa merawat bayi lama-kelaman ini akan menjadi hal yang mudah dan sangat menarik untuk para orang tua. Kita akan selalu mengamati perkembangan dan pertumbuhan bayi kita tahap demi tahap dan ini akan menjadi hal yang unik dan menarik bagi para orang tua.

Cara Merawat BayiMungkin bagi para orang tua yang sudah pernah mempunyai bayi merawat bayi bukan suatu hal yang sulit, karena sudah terbiasa. Tetapi bagi para orang tua yang sekarang ini sedang menunggu kelahiran anak pertamanya, maka harus lebih banyak belajar tentang cara merawat bayi dengan baik dan benar. Berikut ini merupakan tips cara merawat bayi :
1. Memberi kasih sayang yang sepenuhnya
Bayi adalah mahluk yang lemah dan sensitif yang memerlukan perawatan khusus secara menyeluruh. Merawat bayi tak cukup hanya dengan perawatan rutin dan reguler, tapi juga harus penuh kasih sayang karena akan memberikan rasa nyaman dan aman kepada bayi. Sehingga bayi tidak mudah rewel.
2. Memandikan bayi secara benar
Pastikan semua peralatan mandi siap sebelum mulai memandikan bayi. Isi sebuah ember besar yang besar dengan air hangat. Gunakan pergelangan tangan ataupun siku anda untuk memastikan suhu yang tepat. Pastikan airnya tidak terlalu dingin ataupun panas. Air yang masih panas akan sangat berbahaya. Ambil tempat buat memandikan bayi yang bersuhu hangat dan jangan di tempat yang banyak anginnya. Copot pakain bayi anda. Celupkan pembilas mandi di air hangat dan peres sampai hanya terasa basah saja. Gunakan pembasuh lembut yang sudah basah itu untuk membasuh tubuh bayi anda dengan pelan dan lembut. Bilas kepala dan lehernya, belakang telinga, dan diantara jari tangan maupun kaki. Yang sangat penting untuk diingat adalah jangan pernah meninggalkan bayi anda sendirian sedetik pun.
3. Popok bayi harus segera diganti setiap kali basah atau terkena kotoran
Popok bayi harus selalu diganti setiap kali basah dan setelah terkena kotoran. Kotoran bayi tidak selalu berbau, karena itu sering-seringlah memeriksa popoknya apa perlu diganti atau tidak. Sering mengganti popok dengan yang bersih dapat menghindarkan bayi dari penyakit kulit yang disebabkan oleh kotoran dan air seninya. Sebelum memakaikan popok baru, bersihkan dulu pantat bayi dengan lap basah.
3. Makanan Bayi
Gizi yang cukup sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi. ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi serta melindunginya dari infeksi. Akan tetapi bila isteri tidak menyusui, dokter akan menyarankan penggunaan susu formula. Susu formula berkualitas memberikan semua nutrien yang diperlukan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.
4. Imunisasi untuk bayi
Anda harus sering melakukan imunisasi pada bayi anda. Sebaiknya secara rutin anda memeriksakan bayi anda ke dokter ataupun bidan, karena mereka akan memberitahu apa saja imunisasi wajib yang perlu diberikan pada bayi, anjuran imunisasi tambahan yang memberikan kekebalan ekstra pada bayi anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web