Home / Kesehatan / Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan – Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang kaya akan manfaat. Kelapa muda asli banyak sekali ditemukan di pesisir pantai atau di dekat daerah laut, bahkan di negara-negara Asia, seperti Asia selatan, Indonesia dan Malaysia. Kelapa muda juga mulai berkembang dan tumbuh di Amerika Selatan, Kepulauan Pasifik dan Florida. Air kelapa merupakan cairan paling murni kedua setelah air. Air kelapa hanya mengandung sedikit karbohidrat dan 99 persen bebas lemak serta rendah gula. Tetapi tak jarang pula orang yang tidak paham memanfaatkan setiap bagian dari kelapa. Misalnya air kelapa justru hanya menjadi limbah karena bingung memanfaatkanya. Padahal air kelapa justru sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat Air Kelapa untuk KesehatanSemua bagian dari kelapa dapat dimanfaat bagi kehidupan manusia. Kandungan gula yang terdapat dalam air kelapa bersifat alami dan tidak diproses seperti minuman lain yang diberi tambahan gula. Rasa air kelapa muda di setiap negara sangat bervariasi karena proses secara geografis. Air kelapa mempunyai manfaat kesehatan sangat banyak sekali, karena dalam 30 ml air kelapa terkandung 61 mg potasium, 5.45 mg sodium dan 1.3 mg gula. Kandungan mineral lainnya adalah magnesium, kalsium, vitamin B dan C, zinc, selenium, iodine, serta sulfur. Berikut ini merupakan manfaat air kelapa dalam kehidupan manusia adalah sebagai berikut :
1. Menjaga keseimbangan elektrolit
Air kelapa memiliki keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah manusia. Air kelapa merupakan sumber potasium yang baik. Dalam satu sajian air kelapa terkandung 220 mg potasium. Elektrolit ini dibutuhkan tubuh setiap hari untuk menjaga fungsi kontraksi jantung. Air kelapa juga memiliki keasaman rendah, yaitu lemak dan bebas kolesterol serta mengandung beberapa mineral termasuk zat besi, kalsium, dan magnesium.
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Air kelapa sangat baik diminum untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.
3. Sebagai diuretik alami
Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik alami, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi dan juga dapat memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
4. Memperlancar peredaran darah
Air kelapa jika sering dikonsumsi maka akan memperlancar sirkulasi darah sehingga mengurangi tekanan darah tinggi dan baik untuk penderita diabetes
5. Meringankan sakit ginjal dan gangguan saluran kencing
Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh. Selain itu, Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web