Home / Kesehatan / Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah – Bawang merah atau dalam bahasa latin disebut Allium ascalonicum adalah tanaman semusim yang memiliki umbi berlapis yang terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Tanaman ini mempunyai akar serabut dengan daun berbentuk silinder berrongga. Tanaman ini juga memiliki zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Bawang merah yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ternyata mengandung berbagai zat yang berkhasiat dalam mencegah berbagai penyakit.

Manfaat Bawang MerahBawang merah berasal dari Asia Barat dan dibudidayakan di Mesir sejak 3500 SM. Bawang merah ternyata punya khasiat yang luar biasa selain jadi bumbu dapur wajib para bunda. Menurut penelitian, bawang merah mengandung kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, niacin, enzym allinase, flavanoid, asam fenol, pektin, volati oil, sterols, vitamin A dan vitamin C, zat untuk melancarkan buang air kecil dan buang air besar, zat yang sesuai untuk perut dan menguatkan anggota badan. Berikut ini merupakan manfaat bawang merah di bidang kesehatan :
1. Memperlancar sistem peredaran darah
Selain sebagai bumbu masak, bawang merah ternyata mampu memperlancar sistem peredaran darah. Mengonsumsi bawang merah yang masih mentah maupun sudah masak dicampur dengan keju dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah.
2. Mengatasi masalah sembelit
Bawang merah juga mampu mengatasi sembelit. Caranya yaitu siapkan bawang merah yang sudah dihancurkan sebanyak setengah gelas, satu gelas susu, kemudian larutkan. Minumlah campuran tersebut setiap pagi sampai sembelitnya hilang. Untuk mengatasi mencret-mencret, siapkanlah setengah gelas bawang merah yang sudah dikupas, biji kopi yang sudah ditumbuk dan madu setengah gelas, lalu aduk.
3. Mengatasi diabetes
Bawang merah juga memiliki unsur yang mirip dengan hormon insulin yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Bawang merah mentah sudah lama dijadikan makanan pilihan favorit untuk mengendalikan gula darah.
4. Mengatasi penyakit radang
Minyak yang mudah menguap yang terkandung dalam air bawang merah berguna untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci, demikian juga mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada toraks dan kerongkongan.
5. Mengobati batuk
Bawang merah juga mampu mengatasi batuk. Caranya yaitu siapkan umbi bawang merah 4 gram, daun poko segar 4 gram, daun sembung segar 4 gram, herba segar 4 gram, buah adas 2 gram dan air 125 ml. Caranya dengan dipipis, dibuat infus atau pil dan dapat dipergunakan sehari sekali dengan diminum. Lama pengobatannya selama 14 hari.

Tips memilih bawang merah yang baik :
1. Pilihlah bawang yang bersih dan keras, jangan pilih yang lembek atau bonyok atau yang sudah berwarna gelap.
2. Jangan memilih bawang yang sudah berwarna kuning.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web