Home / Kesehatan / Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu – Mengkudu atau dalam bahasa latin disebut Morinda tinctoria atau Morinda citrifolia adalah tanaman yang juga dikenal dengan nama Pace. Tanaman mengkudu termasuk tumbuhan dari keluarga kopi-kopian (Rubiceae) yang merupakan tanaman daerah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Mengkudu mempunyai pohon setinggi 3-8 m dengan batang pokok jelas. Daun bertepi rata, berwarna hijau kekuningan. Mempunyai bunga berbentuk bonggol diketiak daun. Bentuk buahnya bulat lonjong berwarna hijau dan ada totol-totolnya. Panjangnya mencapai 5-10 cm.

Manfaat Buah MengkuduMengkudu tumbuh pada tanah berkapur ketinggian 1.000m dpl. Jenis buah ini umumnya dihindari banyak orang karena memiliki bau yang kurang sedap. Namun dibalik itu, mengkudu memiliki khasiat kesehatan. Buah mengkudu yang telah matang berwarna putih dan lunak. Manfaat buah mengkudu ini sangat baik untuk pengobatan alami. Bahkan kini telah banyak diproduksi beberapa produk kapsul dari buah mengkudu. Berbagai ahli medis dari berbagai negara juga melakukan penelitian tentang manfaat buah mengkudu. Berikut ini merupakan manfaat buah mengkudu dalam bidang kesehatan :
1. Mengobati radang tenggorokan
Salah satu khasiat buah mengkudu yang sampai sekarang masih dimanfaatkan orang sebagai jamu tradisional ialah mengobati radang tenggorokan yang menimbulkan demam dan tekanan darah tinggi. Juga radang usus yang menimbulkan efek yang sama dapat diturunkan dengan buah ini.
2. Menormalkan tekanan darah
Menurut peneliti masalah kesehatan dari Amerika melaporkan bahwa buah mengkudu mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal ini menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah, sehingga tekanan darah menjadi normal.
3. Antibakteri
Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae serta Staphylococcus aureus.
4. Sebagai antikanker
Para peneliti itu menyimpulkan bahwa dalam buah mengkudu terdapat kandungan zat anti kanker (damnacanthal). Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
5. Anti-peradangan dan Anti-alergi
Senyawa scopoletin yang terkandung dalam buah mengkudu sangat efektif sebagai zat anti-radang dan anti-alergi. Literatur-literatur kedokteran melaporkan keberhasilan pengobatan pada arthritis, bursitis, car-pal tunnel syndrome dan alergi dengan menggunakan scopoletin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web