Home / Kesehatan / Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan – Buah tomat atau dalam bahasa latin disebut Lycopersicon Esculentum merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang sangat baik mengatasi radikal bebas. Tomat dapat digolongkan sebagai sumber vitamin C yang sangat baik karena 100 gram tomat memenuhi 20 persen atau lebih dari kebutuhan vitamin C sehari. Tomat biasanya bermanfaat untuk memberikan cita rasa asam pada masakan. Tapi tahukan Anda dibalik memberikan cita rasa asam ini, Manfaat buah tomat bagi kesehatan masih sangat banyak.

Manfaat Buah Tomat untuk KesehatanTomat kaya akan vitamin A, B1 dan C, fosfor, kalium, besi, kalsium, thiamine dan juga protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tomat baik dalam bentuk segar maupun olahan, memiliki komposisi zat gizi yang cukup lengkap dan baik. Tomat yang olahan dalam bentuk minuman jus, saos tomat yang dibikin dari dapur Anda dapat menjadi salah satu alternatif untuk memulai hidup sehat. Berikut ini merupakan manfaat buat tomat bagi tubuh manusia :
1. Sebagai antioksidan dan antiradang
Buah tomat mampu sebagai antioksidan sekaligus sebagai antiradang, karena kaya akan kandungan gizinya. Buah tomat mengandung tomatine yang bermanfaat sebagai anti radang , sedangkan kandungan karoten dan vitamin C dalam buah tomat bermanfaat sebagai antioksidan yang akan melawan radikal bebas.
2. Menambah nafsu makan
Buah tomat juga dapat meningkatkan nafsu makan, khususnya untuk anak-anak yang susah makan. Buah tomat juga dapat menghilangkan kelelahan. Vitamin C yang sangat kaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah capek dan selalu bernafsu untuk makan.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit
Tomat mengandung likopen yang tinggi. Likopen ini merupakan pigmen yang menyebabkan tomat berwarna merah. Likopen termasuk ke dalam golongan karotenoid. Likopen diketahui mempunyai kemampuan sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga melindungi tubuh terhadap berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung. Tomat yang dihancurkan atau dimasak merupakan sumber likopen yang lebih baik dibandingkan dengan tomat mentahnya.
4. Mampu menghaluskan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori
Kandungan vitamin C dan A dalam buah tomat membantu mengurangi kotoran, memperkecil pori-pori dan membersihkan jerawat Anda, sehingga kulit wajah akan tampak halus dan bersih. Untuk mengecilkan pori-pori wajah caranya yaitu ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Jika dilakukan secara teratur akan mengecilkan pori-pori lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*