Home / Kesehatan / Manfaat Buah Wortel

Manfaat Buah Wortel

Manfaat Buah Wortel – Wortel atau dalam bahasa latin biasa disebut dengan Daucus carota adalah jenis sayuran ubi yang berwarna orange. Wortel biasa tumbuh di daerah dataran tinggi. Wortel merupakan jenis tumbuhan biennal yaitu tumbuhan yang mempunyai siklus hidup 12-24 bulan. Tumbuhan wortel mempunyai batang bunga yang bisa tumbuh sampai setinggi 1 meter. Wortel mempunyai bunga yang berwarna putih.

Wortel mempunyai banyak kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Wortel mengandung karbohidrat dalam jumlah yang besar, selain itu wortel juga kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu masih banyak lagi kandungan nutrisi dalam wortel yaitu Beta-karoten,  Thiamine, Riboflavin, Niacin , Folat, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium dan Sodium.

Wortel merupakan sayuran yang banyak disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa, karena wortel bisa diolah menjadi makanan yang sangat enak dan lezat seperti keripik, jus dan masih banyak lainnya. Berikut ini merupakan manfaat buah wortel untuk kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya akan beta karoten, beta karoten merupakan bagian penting dari karoten. Jika tubuh diberi asupan beta karoten maka tubuh akan membentuk vitamin A yang sesuai dengan yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A ini akan mampu menjaga kesehatan mata kita. Vitamin A membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Dengan demikian menyantap wortel menjadikan cara yang aman untuk mendapatkan vitamin A secara alami.

2. Menurunkan Kolesterol Darah

Di dalam buah wortel mengandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Selain itu wortel juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh.

3. Mencegah Kanker

Wortel kaya akan beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, karena beta karoten mempunyai sifat sebagai antioksidan yang mampu melawan kerja destruktif sel–sel kanker. Selain itu beta karoten juga mampu membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan “killer cell” alami.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web