Home / Kesehatan / Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan – Pepaya merupakan buah yang kaya akan manfaat. Seluruh bagian pada pepaya dapat dimanfaatkan. Mulai dari akar, batang, daun, kuntum bunga, buah, kulit pohon, bahkan getahnya mempunyai khasiat yang berguna bagi tubuh. Tanaman pepaya umumnya tumbuh dipekarangan, baik yang sengaja ditanam atau tumbuh dengan alami. Tanaman ini tumbuhnya relatif mudah karena tidak membutuhkan persyaratan tumbuh yang sifatnya khusus, kecuali jika ingin dibudidayakan dengan tujuan untuk diproduksi.

Manfaat Daun Pepaya untuk KesehatanKita tahu kalau buah pepaya juga bagus untuk tubuh, namun daunnya juga tidak boleh diremehkan. Daun pepaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Dibalik rasa pahitnya ternyata daun pepaya menyimpan khasiat yang begitu banyak. Daun pepaya oleh nenek moyang selalu di jadikan obat tradisional dan terus diwarisakan secara turun-temurun. Seiring dengan merebaknya efek samping obat-obatan sintetis, obat alamiah kini mulai dilirik lagi. Salah satu obat alamiah sebaguna yang banyak tersedia di sekitar kita adalah daun pepaya. Berikut ini merupakan manfaat daun pepaya untuk kesehatan :
1.Memperlancar pencernaan
Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan. Sehingga dapat memperlancar pencernaan.
2. Mampu menurunkan resiko terkena kanker
Daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Bouchut secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan daun pepaya bersifat antitumor atau kanker. Getah didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.
3. Menambah nafsu makan
Daun pepaya dapat meningkatkan nafsu makan terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Caranya dengan ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
4. Mengobati penyakit malaria
Daun pepaya juga dapat untuk mengobati penyakit malaria. Caranya yaitu ambil beberapa helai daun pepaya kemudian dicuci, setelah itu direbus dengan dua gelas air hingga airnya tinggal setengah gelas. Lalu diminum sedikit demi sedikit sepanjang hari hingga habis.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web