Home / Kesehatan / Manfaat Daun Singkong

Manfaat Daun Singkong

Manfaat Daun Singkong – Singkong atau dalam bahasa latin disebut Manihot esculenta merupakan tanaman “rakyat” yang bisa dikatakan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Tanaman singkong sangat mudah tumbuh. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini banyak ditanam di pekarangan, tanggul ataupun sawah. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan stek dari batang singkong tua. Jaman dulu, singkong adalah makanan pokok masyarakat kuno sebelum ditemukan budidaya beras, jagung atau gandum.

Manfaat Daun SingkongBukan hanya umbinya yang memiliki rasa yang khas, namun daun singkong pun bisa disulap menjadi sayuran yang sangat nikmat. Sudah bukan rahasia lagi kalau sayuran merupakan sumber zat gizi yaitu mineral, vitamin dan protein, di antara berbagai sayuran kandungan gizi daun singkong termasuk baik. Kandungan proteinnya yang tinggi merupakan sumber energi yang setara dengan karbohidrat. Karena daun singkong mengandung vitamin (A, B17, dan C), kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang dan zat besi, maka daun singkong mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini merupakan manfaat daun singkong untuk kesehatan :
1. Mengobati sakit kepala
Anda dapat memanfaatkan daun singkong untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu coba sekali kali kompres dengan daun singkong. Ambilah beberapa lembar daun. Lalu tumbuklah sampai halus. Setelah itu kompreskan pada bagian yang dirasa sakit.
2. Mengatasi rematik
Daun singkong dapat digunakan untuk mengatasi rematik. Hal ini bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar.
a. Pemakaian luar caranya yaitu :
Sediakan 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.
b. Pemakaian dalam caranya yaitu :
Sediakan 100 gram batang singkong, satu batang sereh dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.
3. Untuk mengobati diare
Daun singkong ternyata juga mampu mengobati diare. Caranya yaitu rebuslah daun singkong di air kira kira 900 cc, lalu biarkan sampai tinggal separonya atau 450 cc. Kemudian saring daun tersebut hingga menjadi separonya lagi. Kemudian minumlah 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.
4. Mencerdaskan otak
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa di dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan tubuh baik untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang terkandung dalam daun singkong yaitu asam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.

Melihat begitu banyak manfaat daun singkong bagi tubuh kita dan apalagi daun ini harganya cukup ekonomis dan bahkan bisa dipetik begitu saja di kebun. Dengan demikian masyarakat kita perlu sering mengonsumsi daun singkong agar tercipta masyarakat yang cerdas dan sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web