Home / Kesehatan / Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan – Sirsak atau dalam bahasa latin biasa disebut Annona muricata adalah tumbuhan yang berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Mempunyai daun berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedang pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda. Kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi yaitu berupa glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9 – 93,6 % dari kandungan gula total. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat. Di Indonesia sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempuyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Daun Sirsak untuk KesehatanNama Sirsak sebenarnya berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang kurang lebih berarti kantung yang asam. Buah Sirsak yang sudah masak lebih berasa asam daripada manis. Mungkin selama ini banyak orang yang memanfaatkan sirsak hanya dimakan daging buahnya saja. Tetapi ternyata daun buah sirsak juga mempunyai khasiat yang tak kalah hebatnya. Banyak sumber yang mengatakan khasiat daun sirsak lebih kuat 10.000 kali daripada kemoterapi yang berkaitan dengan pengobatan kanker. Kemoterapi adalah penggunaan obat-obatan zat kimia untuk memperlambat penyebaran atau bahkan membunuh sel kanker. Berikut ini merupakan manfaat daun sirsak untuk kesehatan :
1. Mengatasi penyakit kanker
Sekarang ini ada 8 jenis penyakit kanker yang dapat disembuhkan dengan daun sirsak. Tentu kita tahu pohon sirsak ternyata daunnya dapat menyembuhkan penyakit kanker. Penyakit kanker dapat disembuhkan dengan beberapa helai daun sirsak secara tuntas dan teratur. Caranya yaitu dengan mengambil 10 helai daun sirsak yg telah hijau tua dicuci sampai bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air dan dibiarkan hingga tersisa satu gelas air. Setelah dingin lalu disaring dan diminum setiap pagi secara rutin.
2. Mengobati bisul
Anda dapat menggunakan daun sirsak untuk mengobati bisul. Caranya yaitu sediakan daun sirsak yang masih muda secukupnya dan cuci sampai bersih. Kemudian ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata, kemudian ditempelkan pada bagian bisul. Lakukan secara rutin setiap pagi.
3. Mengobati sakit pinggang
Daun sirsak ternyata juga mampu mengobati sakit pinggang. Caranya sangat mudah yaitu sediakan 20 lembar daun sirsak dan cuci sampai bersih, kemudian rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas. kemudian diminum 1 kali sehari 3/4 gelas. Lakukan secara rutin di pagi hari.

Berdasarkan penelitian di laboratorium yang sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu bahwa ekstrak dari pohon sirsak sangat bermanfaat, seperti:
a. Memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas.
b. Mampu melindungi sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan.
c. Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web