Home / Kesehatan / Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan – Jambu biji atau dalam bahasa latin disebut Psidium guajava merupakan tanaman perdu dan memiliki banyak cabang dan ranting, batang pohonnya keras. Bila kulit kayu jambu biji tersebut dikelupas, maka akan terlihat permukaan batang kayunya basah. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna coklat. Jambu biji mempunyai daun bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun.

Manfaat Jambu Biji untuk KesehatanJambu Biji tersebar meluas sampai ke Asia Tenggara termasuk Indonesia, Asia Selatan, India dan Srilangka. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Pada umur 2-3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah. Bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya. Jambu biji sebenarnya mempunyai rasa yang enak, tetapi karena bijinya banyak, maka orang malas untuk memakannya, padahal manfaatnya begitu banyak. Sebenarnya untuk memisahkan biji dengan daging buahnya tidak susah, entah itu dimakan langsung atau dijus jambu biji mempunyai segudang manfaat kesehatan. Buah jambu dapat dikonsumsi dalam bentuk segarnya atau diolah menjadi berbagai macam produk seperti selai, jeli, pasta, dodol, dan jus. Berikut ini merupakan manfaat jambu biji di bidang kesehatan :
1. Mengobati demam berdarah
Menurut berbagai sumber disebutkan bahwa ekstrak daun dan buah jambu biji dapat berguna untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Rebusan daun dan sari buahnya pun dapat berguna untuk meningkatkan jumlah trombosit, sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh.
2. Sebagai sumber vitamin C
Jambu biji merupakan buah yang sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkis berbagai jenis penyakit dan menjaga kebugaran tubuh. Daun dan kulit batangnya mengandung zat anti bakteri yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung potasium dan zat besi.
3. Mencegah berbagai penyakit degeneratif
Jambu biji juga merupakan sumber serat pangan atau dietary fiber. Serat pangan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker usus besar, divertikulosis, aterosklerosis, gangguan jantung, hipertensi dan penyakit batu ginjal.
4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Jambu biji juga mengandung potasium. Potasium berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh.
5. Mengatasi diabetes mellitus
Jambu biji juga mampu mengatasi penyakit diabetes millitus. Caranya yaitu dengan menyediakan 1 buah jambu biji setengah masak. kemudian buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minumlah 2 kali sehari pada pagi dan sore.
6. Sebagai antioksidan
Dalam buah jambu biji ditemukan likopen yaitu zat nirgizi potensial lain selain serat. Likopen adalah karatenoid atau pigmen penting dalam tanaman yang terdapat dalam darah (0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas sebagai anti-oksidan.

Jambu biji mempunyai khasiat yang begitu banyak. Selain manfaat jambu biji untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah munculnya kanker dan meningkatkan kesehatan gusi dan gigi. Jambu biji juga berkhasiat anti radang, anti diare dan menghentikan pendarahan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web