Home / Kecantikan / Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis – Jeruk nipis atau dalam bahasa latin disebut Citrus aurantifolia merupakan buah yang memiliki rasa asam dan agak pahit. Jeruk nipis mempunyai bentuk yang kecil dan berwarna hijau. Jeruk nipis tidak hanya memberi perasa minuman yang alami dan sehat tetapi dibalik rasanya yang masam ternyata jeruk nipis memiliki kadar Vitamin C yang lebih banyak dari jeruk-jeruk yang lain.

Manfaat Jeruk NipisJeruk nipis sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam. Manfaat jeruk nipis yang umumnya kita ketahui selama ini hanyalah untuk menghilangkan bau amis atau menjadi penyedap makanan, namun ternyata manfaat jeruk nipis ini sangat banyak dan beragam. Berikut ini kita akan membahas dan menguraikan berbagai manfaat jeruk nipis yang dapat kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh kita.
1. Sebagai obat batuk disertai influenza
Jeruk nipis dapat dijadikan obat batuk yang disertai influenza, karena jeruk nipis mengandung vitamin C lebih tinggi dan efektif untuk obat batuk, selain itu dapat memberikan daya tahan tubuh bila mengonsumsi ini. Untuk mengobati batuk caranya yaitu dengan potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.
2. Mengurangi rasa pegal dan tegang
Jeruk nipis juga dapat untuk meringankan rasa pegal dan tegang pada otot. Caranya yaitu dengan rendam kaki dalam air jeruk nipis yang udah dicampur dalam air hangat. Selain rasa pegal hilang, kotoran-kotoran kaki pun bakal ikut terangkat.
3. Mengobati tekanan darah tinggi
Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, karena jeruk nipis mempunyai kadar kandungan asam nitrat. Caranya dengan sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.
4. Meredakan penyakit batu ginjal
Karena kandungan asam nitrat, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk meredakan penyakit batu ginjal. Caranya dengan peras 2 buah jeruk nipis, kemudian perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.
5. Dapat membuat kulit wajah menjadi halus, putih secara alami dan merapatkan pori–pori
Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis bagi wajah, caranya adalah dengan sediakan jeruk nipis yang masih segar, lalu belah menjadi dua bagian. Lalu usapkan daging jeruk nipis ke kulit wajah, hidung, dan pipi yang memiliki pori-pori besar.Usapkan pula daging jeruk nipis tersebut ke bagian wajah yang kasar dan kusam. Dengan melakukan ini secara rutin, maka wajah Anda akan lebih halus, putih, dan memiliki pori-pori yang rapat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web