Home / Kesehatan / Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau – Kacang hijau atau dalam bahasa latin disebut Phaseolus aureus adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan terpopuler di indonesia. Kacang hijau termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi dan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Kacang HijauKacang hijau merupakan sumber protein nabati dengan kadar protein yang tinggi. Selain itu, kacang hijau juga mengandung mineral, fosfor, kalsium, vitamin (A, B1, dan C), serta beberapa mineral yang penting bagi tubuh kita. Kelebihan kacang hijau adalah kecambahnya (tauge) mengandung vitamin E yang tidak ditemukan pada kacang tanah dan kedelai. Manfaat kacang hijau dikenal dapat membuat otak lebih cerdas dan mudah dalam berfikir. Hal ini karena kandungan protein yang tinggi dalam kacang hijau tersebut. Berikut ini merupakan manfaat kacang hijau bagi tubuh kita :
1. Untuk memperkuat tulang
Kacang hijau merupakan sumber protein nabati terbaik. Kalsium dan Fosfor yang terkandung dalam kacang hijau bermanfaat untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang.
2. Sebagai sumber protein yang baik
Kacang hijau mengandung protein yang sangat tinggi yaitu sekitar 24 %. Kacang hijau juga merupakan pengganti protein nabati yang cukup baik. Dalam informasi kesehatan, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Protein yang cukup baik untuk kesehatan tersebut juga akan berdampak pada kecerdasan otak sang bayi.
3. Membantu penyerapan protein, mencegah kanker, beri-beri
Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah dapat membantu penyerapan protein, mencegah kanker, beri-beri, hingga meningkatkan kinerja syaraf. Hal ini karena dalam kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup.
4. Menjaga kesehatan jantung dan berat badan
Lemak pada kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Dan manfaat lemak tak jenuh tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Sedangkan kandungan lemak dalam kacang hijau merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.
5. Menurunkan deman pada anak-anak
Kacang hijau juga bisa menurunkan demam. Bahkan menurut berbagai sumber, kacang hijau adalah penurun demam terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya. Karena jika kacang hijau direbus lama sampai hancur, kacang hijau tetap berkhasiat, tidak terpengaruh dengan panas. Berbeda dengan kacang dan bahan ramuan tradisional lainnya yang bila direbus terlalu lama, akan menurunkan khasiat pengobatannya.

Banyak sekali manfaat kacang hijau karena tingginya kandungan protein nabati dari kacang hijau setelah kacang kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau rasanya lezat, kacang hijau dapat di sajikan dengan cara di rebus, di makan langsung atau di jadikan bubur. Ada beberapa jenis makanan lain yang terbuat dari kacang hijau di antaranya minuman, bakpia, gandasturi dan lain-lain.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web