Home / Kesehatan / Manfaat Kacang Tanah

Manfaat Kacang Tanah

Manfaat Kacang Tanah – Kacang tanah atau dalam nama latin disebut Arachis hypogea L merupakan sejenis spesies kacang-kacangan dari famili Fabaceae yang berasal dari Amerika Selatan. Kacang–kacangan itu sendiri mempunyai beragam jenis, yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat antara lain kacang hijau, kacang tanah, kacang merah. Masyarakat Indonesia sudah cukup mengenal bahwa jenis kacang-kacangan memiliki kandungan gizi yang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Manfaat Kacang TanahKacang tanah merupakan sejenis tanaman tropika. Ia tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm dan mengeluarkan daun-daun kecil. Kacang sudah lama diandalkan para vegetarian untuk menggantikan daging yang kaya protein. Kacang tanah merupakan jenis kacang yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai olahan kue, makanan ataupun sayuran.Ternyata khasiatnya bisa menghancurkan radikal bebas dalam tubuh karena juga mengandung antioksidan. Berikut kita akan bahas lebih lanjut mengenai kandungan gizi dan manfaat kacang tanah tersebut bagi tubuh manusia.
1. Dapat menurunkan kadar kolesterol
Kandungan fitosterol dalam kacang tanah dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.
2. Menurunkan resiko terkena kanker
Kacang tanah mengandung phytosterol yaitu senyawa alami yang dapat ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada beberapa jenis minyak tumbuhan, baik biji-bijian maupun polong-polongan, seperti kacang tanah. Phytosterol melindungi seseorang dari penyakit kanker dengan beberapa cara termasuk mencegah penyebaran dan merangsang matinya sel-sel tumor serta mengubah beberapa hormon yang penting untuk pertumbuhan sel-sel tumor.
3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Selain itu kacang tanah juga kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium yang sangat berguna untuk tubuh. Sehingga kacang tanah dikatakan dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit.
4. Mencegah penyakit jantung
Para peneliti sudah lama melirik manfaat sterol pada tanaman dalam mencegah penyakit jantung. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Ada banyak bukti yang memperlihatkan bahwa konsumsi produk-produk yang mengandung sterol, seperti kacang tanah dapat menurunkan kolesterol darah dengan menghalangi penyerapan kolesterol di usus.
5. Sebagai antioksidan alami
Selain itu kacang tanah juga mengandung Antioksidan yang dihasilkan dari flavonoid, yang juga dikandung dalam teh dan anggur merah. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat mencegah penuaan dini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web