Home / Kesehatan / Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis – Kayu manis atau dalam bahasa latin disebut sebagai Cinnamomum Verum adalah sejenis tanaman yang selama ini banyak dimanfaatkan ibu-ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur dan bahan pembuatan jamu dengan memakai batang kulitnya yang kemudian dikeringkan. Kayu manis tidak hanya sekadar penambah aroma dalam masakan sehari-hari. Batangan kulit kayu beraroma wangi dan manis ini bermanfaat bagi kesehatan mulai dari obat diare hingga penurun kolesterol. Kayu manis ini berasal dari Srilanka. Melalui perdagangan kemudian kayu manis menyebar ke Mesir dan Cina pada 2000 tahun sebelum Masehi. Sekarang ini tanaman ini juga tumbuh di India, Indonesia, Brazil, Vietnam, and Yunani.

Manfaat Kayu ManisAroma dari kayu manis yang harum menyengat dan rasanya manis sangat cocok sekali buat campuran kue dan cake. Dengan bantuan kayu manis kita dapat membuat makanam yang sangant lezat dan enak. Di balik batangnya yang beraroma wangi itu ternyata banyak kandungan dan manfaat kayu manis. Perpaduan kayu manis dan madu ternyata dapat menyembuhkan banyak penyakit dan tanpa efek samping. Para ilmuwan modern saat ini juga telah setuju akan khasiat kayu manis dan madu yang menakjubkan dalam menyembuhkan berbagai penyakit karena secara kimia kayu manis mengandung minyak atsiri, eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar dan zat penyamak. Berikut ini merupakan manfaat kayu manis dalam bidang kesehatan :
1. Mengobati diabetes melitus
Manfaat kayu manis ternyata bukan sekadar pewangi untuk berbagai makanan atau minuman. Rempah-rempah ini sejak lama dipercaya dapat mengobati diabetes melitus. Kayu manis memiliki efek biomolekuler di pankreas. Kayu manis mengandung senyawa kimia yang disebut PTP1B yang bekerja mengaktifkan senyawa di pankreas dengan cara mengaktifkan sel beta yang berfungsi menghasilkan insulin. Selanjutnya insulin akan membuka pintu sel darah merah sehingga gula bisa masuk dan diubah menjadi energi. Penderita diabetes tipe sensitivitas tubuh terhadap insulin berkurang sehingga kadar gula darah tetap tinggi karena tidak bisa masuk ke dalam sel.
2. Mengatasi penyakit jantung
Ketika arteri dan pembuluh darah kehilangan fleksibilitasnya dan mulai tersumbat, maka kayu manis dan madu mampu memperbaiki arteri dan pembuluh darah. Di negara Amerika dan Kanada sudah banyak terdapat perawat rumah yang sukses merawat para pasien dengan resep ini. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti sarapan pagi anda. Jika resep ini digunakan sebagai sarapan secara teratur akan dapat membantu meringankan sesak nafas dan memperkuat jantung.
3. Mengatasi nyeri arkitis
Studi Universitas Kopenhagen membuktikan, konsumsi campuran setengah sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan selama seminggu membantu mengatasi nyeri arthritis.
4. Mengatasi demam khususnya pada anak-anak
Kayu manis juga dapat meringankan demam khususnya pada anak-anak. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan madu dengan ΒΌ sendok makan bubuk kayu manis tiga kali sehari. Jika dilakukan dengan teratur, akan menyembuhkan demam, batuk kronis dan melegakan sinus.
5. Dapat untuk menghilangkan jerawat
Selain itu semua, kayu manis juga ampuh dalam menghilangkan jerawat. Caranya yaitu campurkan 3 sendok makan madu dengan satu bubuk kayu manis menjadi suatu krim. Oleskan krim ini pada jerawat sebelum tidur dan basuhlah keesokan harinya dengan air hangat. Jika dilakukan setiap hari selama 2 minggu, ini akan mengenyahkan jerawat sampai keakarnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web