Home / Kecantikan / Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan – Minyak zaitun atau biasa disebut dengan olive oil adalah sumber terbaik oleic acid, suatu asam lemak omega-9 yang melalui proses pencernaan diubah menjadi oleoylethanolamide (OEA), sebuah hormon yang membantu menjaga sel-sel otak tetap sehat. Minyak zaitun sudah sangat lama terkenal akan khasiatnya bagi tubuh kita. Minyak zaitun dikenal sejak dulu sebagai salah satu bahan alami untuk menjaga kecantikan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk KesehatanMinyak zaitun memiliki kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Minyak zaitun mempunyai kadar kolesterol, lemak yang sangat rendah, serta kandungan serat dan vitamin yang banyak membuat minyak zaitun baik untuk kulit manusia. Selain itu minyak zaitun juga mengandung antioksidan. Minyak zaitun juga mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta sakit diabetes dan obesitas, di samping minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker. Berikut ini merupakan manfaat minyak zaitun untuk tubuh manusia :
1. Untuk kecantikan
Dalam dunia kecantikan minyak zaitun dapat digunakan  sebagai :
a. Masker wajah
Minyak zaitun baik untuk marker wajah anda. Caranya dengan usapkan minyak zaitun pada wajah dan hindari area mata. Setelah satu menit, hapus dengan air hangat. Minyak zaitun berfungsi sebagai masker anti penuaan.
b. Perawatan rambut
Selain itu wajah, minyak zaitun juga baik untuk perawatan rambut. Minyak zaitun baik dipakai untuk melembabkan rambut kering dan sangat disarankan bagi yang memiliki rambut tebal untuk melembutkan rambut yang kaku.
2. Mengurangi Kolesterol Berbahaya
Berbagai riset membuktikan adanya fakta bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat. Dalam minyak zaitun mengandung 0% kolesterol.
3. Dapat meningkatkan daya ingat jangka panjang
Minyak zaitun juga mampu meningkatkan daya ingat pada seseorang. Minyak zaitun juga sangat berguna untuk sistem pencernaan tubuh manusia. Jika tubuh bisa mencerna makanan dengan baik dan menghasilkan kulit yang baik serta menjaga saraf kita, sehingga mampu meningkatkan daya ingat. Caranya yaitu dengan menambahkan minyak zaitun kedalam sayuran panggang atau salad, atau campurkan minyak zaitun, cuka balsamic, dan air dalam jumlah yang sama lalu tambahkan sedikit perasan jeruk lemon dan gunakan sebagai kuah untuk sayuran seperti lobak atau mentimun. Anda juga dapat mencampurkan minyak zaitun dengan bawang putih tumbuk dan sejumput garam dan oleskan roti tawar.
4. Mengurangi Serangan Kanker
Gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker. Para peneliti menyatakan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak, di samping mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, dan kol.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web