Home / Kesehatan / Manfaat Putih Telur

Manfaat Putih Telur

Manfaat Putih Telur – Ada dua bagian penting dari telur yaitu bagian putih dan bagian kuning telur. Pada bagian kuning telur mengandung sekitar 80% dari kalori dan hampir semua lemak hadir dalam kuning telur. Sedangkan pada putih telur faktanya mengandung banyak  protein yang memiliki nol gram lemak dan 4 gram penuh protein yang juga diakui sebagai albumin. Albumin merupakan jenis protein yang dapat ditemukan dalam putih telur dan pada manusia. Albumin adalah protein yang larut dalam air yang dapat menjadi sangat berguna untuk banyak organisme. Selain itu putih telur juga mengandung sejumlah kecil riboflavin dan folat yang  juga membantu anda memperoleh banyak manfaat kesehatan dari putih telur.

Ketika albumin dilarutkan dalam air akan membentuk koloid yang mengandung berbagai zat seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, tembaga, seng dan zat besi. Zat-zat ini sangat penting untuk tubuh kita. Putih telur juga mengandung vitamin penting seperti folat, B12, niasin, betaine, kolin dan mineral. Putih telur memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah manfaat putih telur:

1. Perawatan Kulit

Ketika diterapkan pada kulit, putih telur dapat memiliki efek luar biasa pada kulit. Selain itu putih telur merupakan masker alami yang sederhana dan mudah digunakan untuk perawatan kulit wajah. Setelah menerapkan putih telur sebagai masker pada wajah, maka kulit wajah anda akan lebih kencang dan terangkat. Manfaat lain dari putih telur untuk kulit wajah adalah putih telur mampu untuk mengurangi jerawat serta mampu mengatasi pori-pori besar.

2. Sumber Protein Tinggi

Orang yang makan telur yang sudah dimasak telah terbukti memiliki diet yang lebih baik. Salah satu alasan mengapa kebanyakan orang suka untuk menyertakan telur ke dalam diet mereka adalah karena telur kaya akan protein tetapi sangat rendah lemak. Anda juga bisa mendapatkan  nutrisi penting dari putih telur termasuk magnesium, kalsium, selenium, fosfor dan sejumlah besar asam amino yang sangat membantu keseimbangan diet anda.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Putih telur kaya akan protein yang dapat segera diserap ke dalam tubuh sehingga anda mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari putih telur. Protein dalam putih telur juga merupakan sumber energi yang sangat baik yang mampu membakar lemak dan kalori. Dengan demikian kekebalan tubuh anda akan meningkat seiring meningkatnya kesehatan metabolisme anda.

4. Telur adalah Sumber Mineral Esensial

Telur adalah sumber yang baik dari mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, seng dan yodium. Ketika berfikir tentang kalori, telur mempunyai kadar kalori sedang yaitu sekitar 75-76 kkal. Telur yang paling sering dimakan adalah telur ayam.

Sebaiknya kita mengkonsumsi telur yang sudah dimasak, karena dengan mengkonsumsi telur yang mentah kita tidak akan mendapatkan gizi yang terkandung dalam telur melainkan kita akan mendapatkan banyak kuman dan bakteri yang belum mati yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web