Home / Materi Fisika / Materi Fisika SMP : Asam, Basa dan Garam

Materi Fisika SMP : Asam, Basa dan Garam

Asam, Basa dan Garam – Dalam materi ini kita akan membahas sifat-sifat dari asam, basa dan garam. Berikut ini penjelasannya secara terperinci :
1. Asam
Asam adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan dalam air akan memberi-kan ion hidrogen (H+). Asam dapat dibagi menjadi dua ma-cam, yaitu asam lemah dan asam kuat. Kuat lemahnya asam ditentukan oleh jumlah jumlah ion hidrogen yang ter-ionisasi dalam larutan.

Asam kuat adalah asam yang banyak meng-hasilkan ion da-lam larutannya (asam yang terion-isasi sempurna dalam larutannya). Sedangkan asam lemah adalah asam yang sedikit menghasilkan ion dalam larutannya (terionisasi seba-gian dalam larutan). Asam lemah banyak terkandung da-lam makanan atau minuman, mi-salnya dalam buah-buahan dan mi-numan ringan bersoda. Sedangkan asam kuat lebih berbahaya untuk dicicipi bahkan dipegang. Asam ini bersifat korosif sehingga dapat melukai serta merusak bahan-bahan yang ter-buat dari logam atau kain. Contoh senya-wa asam : asam sitrat, asam asetat, asam klorida, asam sulfat, asam sianida, dan asam nitrat.

2. Basa
Basa adalah suatu senyawa yang menghasilkan ion hidroksida (OH-) ketika larut dalam pelarut air. Basa dibagi menjadi dua, yaitu basa lemah dan basa kuat. Kekuatan basa tergantung pada kemampuan basa tersebut melepaskan OH- dalam la-rutan. Basa kuat bersifat korosif. Basa digunakan dalam pembuatan ba-han pembersih, misalnya pembersih lantai, sabun, pasta gigi. Contoh senyawa basa : amonia, kalsium hidroksida, kalium hidrok-sida dan magnesium hidroksida.

3. Garam
Bila basa direaksikan dengan asam akan membentuk garam dan air. Reaksi ini disebut dengan reaksi penetralan (netralisasi).

Materi selengkapnya klik link di bawah ini :

ASAM,BASA DAN GARAM

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web