Home / Materi Fisika / Materi IPA SMP : Reaksi Kimia

Materi IPA SMP : Reaksi Kimia

Reaksi Kimia – Reaksi kimia adalah perubahan kimia dimana zat-zat yang bereaksi (reaktan) berubah menjadi zat-zat hasil reaksi (produk) sehingga terjadi perubahan kimia dari bentuk materi yang satu ke bentuk materi yang lain. Pada reaksi kimia selalu dihasilkan zat-zat baru dengan komposisi dan sifat-sifat baru, sehingga sifat yang dimiliki reaktan berbeda dengan sifat yang dimiliki produk. Reaksi kimia dituliskan dalam bentuk persamaan reaksi kimia :

reaksi kimiaPersamaan Reaksi Kimia
Cara menuliskan persamaan reaksi ada dua cara yaitu :
1. Menggunakan persamaan nama senyawa/molekul/unsur.
2. Menggunakan persamaan rumus kimia senyawa/molekul/unsur.

Ciri-ciri Reaksi Kimia
Reaksi kimia ditandai dengan melihat beberapa ciri yaitu dengan adanya pembentukan gas, pembentukan endapan, perubahan warna dan perubahan suhu.
1. Pembentukan Gas
Ketika reaksi kimia sedang berlangsung maka akan terlihat adanya gelembung-gelembung gas dalam larutan. Contoh : memasukkan logam kalsium ke dalam air, akan terlihat gelembung gas tidak berwarna muncul dari dalam air.

2. Pembentukan Endapan
Ketika mereaksikan dua larutan dalam sebuah tabung reaksi, kadang-kadang terbentuk suatu senyawa yang tidak larut, berbetuk padat dan terpisah dari larutannya. Padatan ini disebut endapan (presipitat).
Contoh : mereaksikan perak nitrat dengan natrium klorida akan terben-tuk endapan perak klorida.

3. Perubahan Warna
Adanya warna pada suatu senyawa kimia sangat berhubungan dengan adanya energi yang diserap oleh elektron-elektron suatu atom logam pada senyawa tersebut.
Contoh : reaksi antara bubuk tembaga oksida yang berwarna hitam dengan asam sulfat yang berupa larutan jernih akan menghasilkan tembaga sulfat berwarna biru.

4. Perubahan suhu
Perubahan suhu pada suatu reaksi kimia dapat berupa penyerapan panas atau sebaliknya menghasilkan panas. Reaksi kimia yang menghasilkan panas disebut reaksi eksotermis. Contohnya reaksi antara batu kapur dengan air. Sebaliknya reaksi yang membutuhkan panas disebut reaksi endotermis. Contohnya reaksi antara karbon dengan belerang.

Kecepatan Reaksi
Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi :
1. Suhu Reaksi
Semakin tinggi suhu maka energi partikel pereaksi bertambah menyebabkan tumbukan antar partikel men-jadi lebih sering sehingga mempercepat reaksi kimia.

2. Konsentrasi Pereaksi
Zat dengan konsentrasi tinggi memiliki jumlah partikel lebih banyak daripada zat dengan konsentrasi rendah. Sehingga semakin besar konsentrasi pereaksi, semakin cepat suatu reaksi berlangsung.

3. Luas Permukaan Sentuh
Dengan bidang sentuh yang lebih besar, zat reaktan dapat bersentuhan lebih sering. Karena tumbukan lebih mudah terjadi maka kecepatan reaksi menjadi semakin besar.

4. Katalis
Katalis adalah senyawa yang dapat berpengaruh pada kecepatan reaksi. Pada umumnya katalis berfungsi mempercepat reaksi tetapi ada juga katalis yang memperlambat reaksi. Katalis jenis ini disebut inhibitor.

5. Pengadukan
Pengadukan akan mempercepat terjadinya reaksi.

Materi selengkapnya klik link di bawah ini :

Reaksi Kimia

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web