Home / My life / Mengajar, Arsitek dan Menulis di Blog

Mengajar, Arsitek dan Menulis di Blog

Mengajar, Arsitek dan Menulis di Blog – Setelah lulusan SMA kebanyakan orang pasti pada bingung mau kuliah dimana mau ambil jurusan apa dan akupun juga pernah mengalami hal itu. Pada waktu itu aku menginginkan masuk ke fakultas teknik mengambil jurusan arsitek, karena dari kecil saya suka bikin maket rumah-rumahan dan menggambar rumah. Mungkin bakat saya sebenarnya disitu karena mungkin masih mengalir darah dari bapak saya yang dulu profesinya sebagai mandor atau pemborong bangunan di Jakarta, tapi sekarang beliau sudah tidak bekerja lagi dan tinggal menikmati masa tuanya di kampung. Selain itu kakak saya juga senang banget dengan dunia arsitek dan bisa dibilang kakak saya sekarang sukses jadi seorang arsitek meski kakak saya tak pernah kuliah secara formal di universitas.

Ketika saya ingin daftar kuliah dan saya minta izin sama bapak kalau saya akan mengambil jurusan arsitek bapak sempat menolak secara halus tapi saya malah ngotot masih kekeh dengan niat saya dan bapak malah balik bersih keras tidak mengizinkan saya dengan berbagai macam alasan. Bapak tetap bersih keras bahwa saya harus mengambil kedokteran atau pendidikan tidak ada pilihan lain. Saya baru melihat bapak saya marah pada saat itu, sebelumnya bapak tidak pernah berkata sedikit kasarpun sama saya. Setelah itu saya ngambeg uring-uringan disuruh makan di rumah saya tidak mau, saya tidur dan makan di rumah nenek. Pendaftaran SPMB tenggang waktunya sudah mulai berakhir dan di hari terakhir akhirnya sayapun mendaftar dan mengambil jurusan kedokteran dan pendidikan.

Akhirnya tiba juga ujian SPMB dan sayapun ogah-ogahan dan saya mengerjakan soal dengan asal-asalan entah kenapa aku masih ngambeg (maklum dulu saya masih anak kecil belum bisa berfikir luas, masih mementingkan ego sendiri). Hari demi hari berlalu akhirnya pengumuman juga dan saya tidak keterima di kedokteran tapi masih bersyukur keterima di pilihan ke-2 yaitu di pendidikan kimia. Registrasi dan segala macam akhirnya ibuk saya yang bergerak kesana kemari, karena pada saat itu bapak sudah balik ke Jakarta. Kemudian kuliah aku juga tidak terlalu semangat banyak diam jarang mengeksplorasi kemampuan saya tapi alhamdulillah saya dapat lulus dengan cepat dibanding dengan teman-teman seangkatan dengan nilai yang cukup memuaskan.

Pada saat masih kuliah saya sempat kenal dengan seorang blogger di Solo dan kebetulan saya suka menulis dan grammer bahasa Inggris sayapun juga lumayan baik. Dia menawariku untuk jadi penulis content pada blognya dan digajilah saya tiap bulannya. Saya melakukan pekerjaan ini dengan senang hati sampai setelah saya lulus kuliahpun saya masih menjalani pekerjaan ini. Sayapun juga sempat berpacaran sama si blogger ini tapi seiring waktu berjalan ternyata kita tidak cocok dan berpisah. Selama menjadi pacarnya saya pernah diajak ngambil WU ke kantor pos sama si blogger ini dan ternyata penghasilan dia sebulan bisa mencapai $5,000 an lebih tiap bulannya dan itu cuma 1 akunnya dia sendiri belum akun adik dan ibuknya. Saya juga manusia sayapun juga punya perasaan kepingin tapi saat itu saya tidak paham dengan cara bikin blog saya bisanya cuma posting duank.

Akhirnyapun saya punya niat untuk belajar sendiri dan dengan dibantu oleh kakak dan teman chatting di icq.com yaitu Fahim orang London meskipun tidak pernah ketemu dia baik banget sering ngajarin ini itu dan akhirnyapun saya punya blog sendiri yang berisi tentang desain eksterior dan interior karena saya masih terobsesi dengan arsitek pada saat itu. Kemudian saya daftarin ke google adsense dan diterima. Perlahan-lahan earningku naek dan sayapun akhirnya bisa mendapatkan earning 5K,2K dan 1K tiap bulan tidak tentu. Pada suatu saat saya merasa stress karena tiap hari selalu di depan komputer saya merasa tertekan seolah olah dunia saya hilang. Saya kurang bisa bersosialisasi dengan orang-orang disekitar, saya menjadi seorang pendiam. Meskipun saat itu saya bisa membeli barang-barang yang saya suka tapi entah kenapa saya merasa ada yang kurang dalam hidup saya dan saya tidak pernah merasakan ketenangan.

Entah kenapa saat itu hati saya tergerak untuk ke Jakarta menyusul bapak, saat itu bapak masih kerja di Jakarta. Akhirnya saya memutuskan untuk melamar menjadi seorang guru sesuai ijasah saya. Ketika awal-awal saya masih agak pendiam kurang bisa bersosialisasi kerena terlalu lama mengurung diri di depan komputer. Tapi setelah 1 bulan saya sudah mulai bisa beradaptasi dengan baik, sayapun akhirnya bisa menjalankan profesi mengajar dengan baik terbukti dengan adanya kenaikan nilai siswa yang cukup bagus dan banyak siswa yang suka sama saya. Jujur saya mendapatkan sesuatu yang sangat berharga di sini saya merasa tenang dan benar-benar menikmati ketika saya bisa dekat dengan anak-anak dan bisa menjadi teman sekaligus pengarah dalam proses belajar mereka. Dari sini saya selalu belajar untuk menjadi seorang pendidik yang lebih baik lagi, saya terus menggali kemampuan saya untuk mendekati anak dengan baik, karena menjadi seorang pendidik menurutku bukan hanya sekedar mengandalkan penguasaan materi belaka melainkan juga harus benar-benar mahir dalam mendekati anak dan memahami karakter dari berbagaimacam sifat anak sehingga kita dapat mencari solusi belajar yang baik buat anak.

Kini saya lebih menekuni untuk menjadi seorang pendidik, saya ingin berbagi ilmu yang saya miliki, karena menurut agama saya salah satu amalan yang tak akan terputus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat. Meskipun jadi seorang pendidik gajinya emang sangat jauh dengan menjadi seorang publisher tapi hidup itu tidak semata-mata hanya mencari uang. Saya lebih suka memilih jalan hidup yang saya bener-bener menikmati dan penuh kebahagian dan ketenangan. Namun demikian sampai saat ini akun google adsense atas nama saya sendiri belum pernah kena banned jadi sewaktu-waktu masih bisa dipakai jika kondisi bener-bener sangat membutuhkan, namanya hidup kita juga tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi esok, yang penting senantiasa berusaha kerja keras dan kita enjoy menjalaninya dan penuh berkah. Tak akan pernah ada kesuksesan tanpa adanya kerja keras.

Hidup ini berjalan dengan seimbang

ada kaya ada miskin

ada kebahagiaan ada kepedihan

ada usaha ada hasil

Dan yang pasti roda kehidupan itu akan terus berputar >_<

This is only my experience, maybe nuffin special for u but it’s very special for me

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web