Home / Kesehatan / Menu Makan Siang untuk Keluarga

Menu Makan Siang untuk Keluarga

Menu Makan Siang untuk Keluarga – Menu makan siang yang sehat akan mampu menjaga berat badan anda. Makan siang yang sehat merupakan bagian penting dalam proses menurunkan berat badan. Banyak pelaku diet kadang-kadang sulit untuk menempatkan makan siang yang sehat ke dalam jadwal sibuk mereka. Informasi berikut mencakup ide-ide menu makan siang yang sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan anda.

Menu Makan Siang untuk KeluargaMakan lebih banyak kalori daripada yang anda bakar akan dapat meningkatkan berat badan anda. Membakar kalori lebih banyak dari yang anda konsumsi maka anda akan kehilangan berat badan. Dan satu-satunya cara untuk menjaga berat badan ideal adalah untuk membakar jumlah kalori yang sama yang anda konsumsi. Ide makan siang yang sehat dan rendah kalori akan dapat mempercepat penurunan berat badan anda.

Makan makanan segar seperti sayuran merupakan bagian penting dari diet apapun dan sering dimasukkan pada menu diet sehat. Perlu anda ketahui bahwasannya tidak semua sandwich baik untuk tubuh kita. Anda harus dapat memilih sandwich yang akan bekerja secara baik untuk program diet anda. Mari kita lihat 3 ide menu makan siang sehat untuk menurunkan berat badan dan dapat menjaga metabolisme tubuh anda :
1. Tuna and salsa pinwheel
Tuna adalah bahan pokok dalam diet sehat, karena tuna sangat rendah lemak, yang baik bagi anda dan rasanyapun juga lezat. Tapi tuna bisa menjadi membosankan setelah beberapa saat. Maka anda perlu menambahkan beberapa variasi yang lebih menarik, misalnya anda dapat membuat Tuna and Salsa Pinwheel yang sangat lezat dan dapat disajikan sebagai makanan di pesta-pesta, pertemuan keluarga dan pertemuan dengan teman kantor.
Bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat yaitu meliputi : 80 gr corn tortilla, 190 gr ikan tuna segar dipotong dadu, 50 gr jagung muda yang diiris tipis, daun seledri diiris halus, salsa tomat, garam dan merica secukupnya.
Cara membuat Tuna and Salsa Pinwheel :
a. Campur ikan tuna, jagung dan seledri sampai tercampur sempurna.
b. Tambahkan salsa tomat, garam dan merica sampai, campurkan sampai merata.
c. Panaskan corn tortilla di microwave selama sekitar 15 detik dengan api sedang.
d. Taruh 1 sendok makan salsa tomat pada akhir setiap corn tortilla.
e. Tempatkan campuran tuna di atas corn tortilla.
f. Menggulung dan memotong bulat-bulat, kemudian siap disajikan.
2. Soup sayuran
Menu makan siang ini banyak menyediakan serat yang sangat bagus untuk tubuh kita, selain itu juga mengandung vitamin, mineral dan zat besi yang juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Adapun bahan yang dibutuhkan meliputi : bayam 1 ikat, oyong 2 buah, wortel 4 buah, temu kunci 2 buah digeprak, daun salam 5 lembar, bawang merah dan bawang putih diiris tipis, garam dan gula pasir secukupnya.
Cara membuat soup sayuran :
a. Bersihkan bayam, sisihkan. Bersihkan oyong potong-potong , sisihkan. Bersihkan wortel potong kecil, sisihkan.
b. Didihkan air, masukkan wortel dan bawang merah, bawang putih, daun salam, temu kunci, masak hingga setengah matang.
c. Masukkan oyong, rebus sebentar. Masukkan bayam, garam dan gula, masak hingga bayam layu dan cukup matang. Sajikan panas-panas dengan ayam goreng dan sambal tomat.
3. Nasi tim ayam dan bayam rebus
Menu ini juga cocok untuk makan siang . Adapun bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat meliputi : minyak goreng, 3 siung bawang putih, memarkan, 500 gr ayam di potong-potong, 1 sdt kecap asin, 200 gr beras dicuci dan tiriskan
1/2 liter kaldu ayam, 1 batang daun bawang diiris tipis. Bahan untuk kuah meliputi : minyak goreng, 2 siung bawang putih dimemarkan, 1250 ml kaldu ayam, 1/2 sdt merica, 1 sdt kecap asin dan garam dan gula pasir secukupnya.
Cara membuat nasi tim :
a. Tumis separuh bawang putih dengan 2 sdm minyak hingga harum. Masukkan ayam dan kecap asin dan aduk rata. Masak hingga ayam setengah matang. Angkat dan sisihkan.
b. Panaskan kembali wajan dan tumis sisa bawang putih hingga harum. Masukkan beras dan aduk hingga beras tercampur dengan bawang dan minyak dan agak mengembang.
c. Siapkan wadah tahan panas dan tuang adonan beras hingga 1/3 penuh dan masukkan potongan ayam, kemudian tuangkan kaldu ayam hingga penuh dan kukus hingga matang dengan api sedang selama kurang lebih 1 jam.
Cara membuat kuahnya adalah :
a. Haluskan bawang putih, kemudian tumis diatas minyak panas sampai harum
b. Rebus kaldu ayam dan masukkan hasil tumisan bawang putih tadi, bubuhi merica, kecap asin, garam dan gula pasir dan aduk sampai rata. Didihkan sampai matang.
Nasi tim siap dihidangkan dengan kuah dan bayam rebus.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web