Home / Kehamilan / Nutrisi yang Perlu Diperhatikan oleh Ibu Hamil

Nutrisi yang Perlu Diperhatikan oleh Ibu Hamil

Nutrisi yang Perlu Diperhatikan oleh Ibu Hamil – Ketika dokter menyatakan bahwa anda hamil tentunya anda merasa sangat bahagia dengan pasangan anda. Anak merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya. Anak merupakan titipan yang harus selalu kita rawat dan kita jaga. Seiring dengan perkembangan usia kandungan ibu hamil, maka ibu hamil memerlukan makanan lebih banyak daripada biasanya. Selain untuk keperluan dirinya, ibu hamil juga harus makan untuk janin yang dikandungnya. Agar janin dapat berkembang baik, makanan ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi yang cukup.

Nutrisi yang Perlu Diperhatikan oleh Ibu HamilUntuk ibu yang sedang hamil dalam mengkonsumsi makanan yang harus diperhatikan adalah vitamin dan mineral karena penting bagi kesehatan dirinya dan janin. Gizi yang baik selama kehamilan akan membantu anda dan bayi anda untuk tetap sehat. Wanita harus didorong untuk makan makanan yang bergizi dan mengontrol berat badan selama masa kehamilan. Pertambahan berat badan yang normal adalah sekitar 10-13 kg untuk wanita yang sebelum kehamilan memiliki berat badan ideal. Berikut ini merupakan nutrisi ibu hamil yang harus terpenuhi oleh ibu yang sedang mengadung si buah hati :
1. Asam Folat
Pada trimester pertama kehamilan embrio janin membutuhkan asam folat yang banyak untuk pembentukan sistem syaraf dan sel-sel. Kekurangan asam folat dapat mengakibatkan janin tidak berkembang sempurna sehingga terlahir dengan kelainan bawaan seperti anenchephaly (tanpa batok kepala), spina bifida (tulang belakang tidak bersambung) dan bibir sumbing. Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 banyak terdapat pada beras merah, sayuran hijau dan buah-buahan.
2. Zat besi
Ibu hamil juga sangat membutuhkan zat besi yang cukup, karena zat besi amat penting dalam membantu proses produksi sel-sel darah merah, utamanya untuk mencegah timbulnya anemia. Zat besi banyak terdapat pada sayuran seperti bayam.
3. Protein
Pada saat hamil, ibu membutuhkan banyak protein untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Setidaknya ibu membutuhkan sekitar 75 gram protein setiap harinya. Protein banyak terdapat pada telur dan daging.
4. Kalsium
Pada masa kehamilan, kalsium penting untuk membantu pertumbuhan janin. Konsumsi kalsium 1000 mg/hari diperlukan untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, kontraksi otot dan sistem syaraf. Kalsium banyak terdapat pada susu.
5. Vitamin A dan vitamin D
Cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin A adalah melalui berbagai sumber makanan seperti susu, ikan, telur, dan margarine. Tetapi anda harus hati-hati terhadap makanan yang mengandung vitamin A yang terlalu tinggi karena hal ini berhubungan dengan cacat lahir, sehingga jangan terlalu banyak konsumsi vitamin A. Sedangkan untuk vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium. Margarine, keju, ikan berlemak dan telur merupakan makanan yang mengandung vitamin D.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web