Home / Kesehatan / Obat Cacar Air Alami

Obat Cacar Air Alami

Obat Cacar Air Alami – Cacar air atau dalam bahasa latin disebut Varisela adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini mudah menular, terutama ke mereka yang belum memiliki kekebalan tubuh. Cacar air biasanya menyerah anak-anak. Virus ini dapat ditularkan cepat melalui percikan ludah penderita atau melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit. Oleh karena itu ketika anak Anda terkena cacar air, sebaiknya jauhkan dari teman-temannya sementara waktu sampai anak anda sembuh.

Obat Cacar Air AlamiVirus varicella zoster pada awalnya masuk ke dalam sistem pernapasan dan berkembang pada saluran napas bagian atas. Kemudian virus akan menuju kelenjar limfe dan memperbanyak diri. Sekitar 4-6 hari virus akan menyebar ke limpa, hati, dan bagian tubuh lainnya. Pada awalnya gelaja cacar air meliputi demam, sakit kepala, lemah, letih, dan lesu. Gejala tersebut biasanya ditemukan pada anak-anak berusia di atas sepuluh tahun. Setelah beberapa hari, muncul gejala yang membedakan cacar air dengan penyakit lain. Pada fase ini, timbul bintik merah di daerah dada dan punggung. Kemudian menyebar ke wajah dan tungkai. Bintik merah tersebut akan berkembang menjadi lenting yang berisi cairan bening. Anak-anak pun akan mengeluh gatal dan menggaruknya. Padahal sangat tidak dianjurkan menggaruk cacar air karena bisa menyebabkan area ruam justru makin melebar.

Pada anak yang diberi beberapa jenis obat yang berefek pada menurunnya sistem imunitas tubuh. Cacar air dapat menyebabkan kematian, sebab tubuh tidak mempunyai sistem pertahanan untuk menghancurkan virus penyebab cacar. Penyakit ini juga membahayakan seorang ibu dan bayi yang dikandungnya. Berikut ini merupakan obat cacar air tradisonal yang dapat anda terapkan dalam proses pengobatan cacar air pada anak-anak :
1. Dengan meringankan gejala
Untuk meringankan gejala yang timbul, anda dapat melakukan hal sebagai berikut :
a. Minum air putih yang banyak
b. Gunakan kompres dingin untuk meringankan gatal
c. Menjaga tubuh agar tetap kering
d. Memberikan makanan dingin dan lunak, karena benjolan di mulut dapat menyulitkan makan dan minum
e. Menghindari makan makanan yang asam dan asin, misalnya jeruk atau asinan.
2. Mengobati dengan temu lawak
Anda dapat menggunakan temu lawak untuk mengobati cacar air. Caranya yaitu dengan menyediakan 30 gram temu lawak + 25 gram kencur + 15 gram asam jawa + 15 gram jahe, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2-3 kali sehari.
3. Menggunakan buah mengkudu
Selain dengan temu lawak, anda juga bisa menggunakan buah mengkudu untuk mengobati cacar air. Caranya yaitu dengan menyiapkan 2 buah mengkudu matang dicuci dan dijus, atau diparut dan diambil airnya, lalu diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web