Home / Kesehatan / Obat Masuk Angin Alami

Obat Masuk Angin Alami

Obat Masuk Angin Alami – Masuk angin merupakan penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. Masuk angin dapat disebabkan oleh kehujanan, kurang tidur, terkena angin malam dan perut kosong atau pencernaan terganggu. Gejala masuk angin meliputi perut kembung, kepala pusing, berkeringat dingin, badan lemes, perut panas, sendawa dan lain-lain. Biasanya masuk angin juga di iringi rasa mual dan terasa pahit jika lidah mengecap makanan. Pada umumnya masuk angin merupakan gejala dari adanya penyakit lain seperti influenza, gangguan pencernaan atau malaria.

Obat Masuk Angin AlamiMasuk angin merupakan gangguan umum yang dapat terjadi pada setiap orang. Masuk angin adalah penyakit yang sering dialami manusia, sebenarnya tidak perlu obat dan cukup didiamkan saja biasanya bisa sembuh sendiri. Tetapi jika gelaja masuk angin dirasa mulai berat anda harus mengobati agar gejala tidak semakin parah. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengobati masuk angin. Bahan alami lebih baik digunakan karena mempunyai efek samping yang relatif lebih kecil. Berikut ini merupakan obat masuk angin secara tradisional :
1. Menggunakan kencur
Anda dapat mengobati masuk angin dengan kencur. Caranya yaitu sediakan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Kemudian kencur dikuliti bersih dan dicuci bersih. Lalu kunyah bersama garam secukupnya. Sesudah halus, telan kencur tersebut dan lanjutkan dengan minum air hangat. Dapat dilakukan 2 kali sehari.
2. Menggunakan jahe dan bawang merah
Anda juga dapat mengobati masuk angin dengan menggunakan jahe. Jahe sudah sangat lama dikenal mampu mengatasi masuk angin. Caranya yaitu jahe dan bawang merah dibakar dan bila sudah agak hangus angkat dan kupas kulitnya. Setelah dibuang bagian kotornya pukullah dengan benda keras hingga gepeng dan agak remuk, masukkan kedalam susu segelas, ramuan ini diminum dalam keadaan hangat, terutama ketika hendak bepergian.
3. Menggunakan daun pepaya
Daun pepaya juga berkhasiat mengobati masuk angin. Caranya yaitu 2 pilah daun pepaya dicuci bersih lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum secara teratur 2 kali sehari.
4. Menggunakan mint
Selain bahan-bahan di atas anda juga dapat menggunakan mint untuk mengobati masuk angin. Caranya yaitu dengan menyiapkan bahan yang terdiri dari 5 buah cabai jawa, 10 gram daun mint, 10 gram kulit jeruk purut, 25 gram temulawak. Bahan-bahan direbus dengan 600 ml air, hingga tersisa 300 ml air lalu disaring. Kemudian diminum hangat-hangat 2 kali sehari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web