Home / Kesehatan / Obat Sakit Kepala Alami

Obat Sakit Kepala Alami

Obat Sakit Kepala Alami – Sakit kepala merupakan hal yang sering dialami oleh setiap orang. Sakit kepala bisa menyebabkan kelelahan, kurangnya motivasi, dan ketidakmampuan untuk berpikir jernih. Tidak peduli apa penyebabnya, sakit kepala dapat memiliki berbagai efek baik ringan atau berat. Satu hal yang perlu diingat adalah sakit kepala jarang berasal dari kondisi serius seperti tumor otak. Beberapa sakit kepala akan dapat sembuh dengan sendirinya. Meskipun sakit kepala tidak disebabkan oleh penyakit atau kondisi medis yang serius, tapi sakit kepala dapat mengganggu aktifitas Anda. Ketika menderita sakit kepala, tugas sehari-hari yang sederhana sering menjadi terasa seperti tugas-tugas yang berat dan menantang.

Stressed Schoolboy with Head in Hands --- Image by © Tom Grill/CorbisPada umumnya ada dua jenis sakit kepala yaitu primer dan sekunder. Sakit kepala primer mencakup ketegangan, migrain, dan sakit kepala klaster, yang tidak disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari. Sedangkan sakit kepala sekunder disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak. Beberapa penyebab umum adalah stres, sikap tubuh yang buruk, kafein, ketegangan mata, gula darah rendah, alergi, sinusitis dan kelelahan.

Obat herbal telah ada selama ribuan tahun dan ada berbagai macam obat herbal yang telah disarankan mampu sebagai obat sakit kepala dan migrain. Banyak obat herbal untuk sakit kepala bekerja lebih baik daripada obat-obatan kimia dan efektif dapat menyingkirkan sakit kepala dengan cepat. Selain itu obat herbal mempunyai efek samping yang lebih sedikit daripada obat dari bahan kimia. Namun demikian jika kondisi sakit kepala sangat parah, lebih baik anda segera memeriksakan ke dokter. Berikut ini adalah obat sakit kepala dari bahan alami yang dapat anda coba untuk pengobatan sakit kepala.
1. Cabe rawit
Kita dapat menggunakan cabe rawit sebagai obat herbal untuk sakit kepala. Cabe rawit sering digunakan dalam memasak yang menimbulkan rasa pedas tetapi sebenarnya memiliki beberapa kualitas obat yang dapat bantuan dalam pengobatan sakit kepala. Cabe rawit cukup merangsang dan diperkirakan bahwa dapat mempengaruhi aliran darah dan membantu untuk meringankan sakit kepala dan migrain. Anda dapat mencampurkan cabe rawit ke dalam makanan anda secara teratur dalam proses penyembuhan sakit kepala.
2. Butterbur
Ini adalah obat herbal populer untuk sakit kepala. Anda dapat menghaluskan daun ini sampai menjadi pasta kemudian menempelkannya pada dahi anda. Atau anda juga bisa membeli tablet atau sirup yang mengandung butterbur.
3. Peppermint
Peppermint juga dapat digunakan untuk obat herbal untuk sakit kepala. Hal ini dapat diambil atau digunakan baik secara internal maupun eksternal. Untuk mengambil internal, minum teh peppermint. Untuk menggunakan eksternal, campurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan minyak lotion kemudian pijatkan ke bagian leher belakang dan dahi anda.
4. Istirahat dengan cukup
Sakit kepala juga bisa disebabkan karena kurangnya istirahat. Usahakan untuk selalu tidur dimalam hari yang cukup, dan sempatkan selama beberapa menit di siang hari untuk rileks dan mengendurkan otot yang tegang. Tetapi kebanyakan tidur malah bisa menjadi penyebab sakit kepala anda. Idealnya dalam sehari anda harus tidur selama 8 jam.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web