Home / Education / Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini – Anak adalah kebanggaan bagi para orang tua. Kecerdasaan anak akan sangat menentukan kualitas suatu bangan di masa mendatang. Pola berfikir anak sangat ditentukan oleh orang tua dan lingkungan tempat tinggal anak. Agar anak tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berperilakuan baik, maka mulailah sejak dini untuk mendidik anak untuk disiplin mulai dari hal yang sangat kecil. Anak yang memiliki kecerdasan yang tinggi akan mampu melakukan pemrosesan informasi dari lingkungan secara efektif, sehingga dalam menghadapi tantangan anak-anak ini akan lebih kreatif untuk mencari berbagai alternatif pemecahan masalah, mampu melindungi diri dari berbagai pengaruh buruk, mengelola perilaku dengan baik dan mampu belajar dari pengalaman dengan baik.

Pendidikan Anak Usia DiniMengingat begitu penting peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini atau biasa disebut dengan istilah pendidikan anak usia dini atau biasa disingkat dengan kata PAUD. Sebaiknya anda sebagai orang tua mengetahui bagaimana cara mendidik anak di usia dini dengan baik dan tepat. Pendidikan anak usia dini adalah suatu tingkatan pendidikan sebelum tingkatan pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Pendidikan ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan anak usia dini biasanya diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. pendidikan ini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan (meliputi daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) dan bahasa yang sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Biasanya anak memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi juga memiliki kepribadian yang ramah dan mudah akrab dengan lingkungan. Anak-anak ini juga kreatif, inovatif, percaya diri dan memiliki motivasi yang kuat. Mereka dapat menemukan sumber kebahagiaan yang positif, yakin akan kemampuannya untuk mengatasi berbagai tantangan dan hambatan, serta memiliki semangat juang tinggi dalam menjalani kehidupan dan pantang menyerah. Karena begitu pentingnya masa depan anak-anak kita, maka dari itu mulai dari sekarang marilah kita mendidik anak-anak kita dengan cara yang benar dan tepat agar di masa mendatang anak-anak kita menjadi kebanggaan keluarga dan bangsa.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web