Home / Kecantikan / Tips Menghilangkan Flek Hitam

Tips Menghilangkan Flek Hitam

Tips Menghilangkan Flek Hitam – Setiap wanita pasti mendambakan mempunyai kulit wajah mulus bersih dan sehat bebas dari komedo, jerawat maupun flek hitam. Tetapi salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita terutama yang berusia di atas 30 tahun adalah timbulnya flek hitam di wajah. Flek hitam atau juga disebut kekolotan ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah karena bekas jerawat, di samping itu juga karena paparan sinar matahari langsung. Selain sinar matahari, flek hitam juga dapat terjadi akibat pemakaian berbagaimacam jenis obat, misalnya obat pencegah kehamilan, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan.

Tips Menghilangkan Flek HitamMenghilangkan flek hitam dari permukaan wajah bukan hal yang mudah karena membutuhkan perawatan rutin agar flek hitam dapat benar-benar hilang dan tidak muncul kembali. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam mulai dari memakai masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Namun demikian lebih baik anda menggunakan cara alami, karena cara alami mempunyai efek samping yang relatif kecil. Ada beberapa cara atau tips untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan aman bagi kesehatan. Jika anda rajin melakukannya, insyaallah flek hitam akan menipis lalu menghilang. Berikut ini merupakan cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami :
1. Masker bengkuang atau kentang
Anda dapat menggunakan masker bengkuang atau kentang untuk menghilangkan flek hitam. Caranya yaitu dengan menghaluskan bengkuang atau kentang hingga berbentuk seperti bubur kasar, saring lalu pisahkan antara air dan ampas, setelah itu gunakan ampas bengkuang atau kentang sebagai masker, tunggu sekitar 20 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Perawatan dengan bengkoang baik bagi anda yang aktif bekerja di luar ruang. Efek sari bengkoang yang dingin akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah anda memakainya.
2. Daun kemangi
Daun kemangi juga dapat untuk menghilangkan flek hitam. Caranya yaitu dengan mencuci bersih daun kemangi, ambil daunnya saja, beri air panas, diamkan sampe dingin. Setelah dingin pakailah untuk mencuci wajah. Lakukan 2 kali sehari ketika pagi dan ketika akan tidur.
3. Teh
Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini. Teh yang mengandung tanin sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, merawat kulit wajah dan menghitamkan rambut. Caranya yaitu dengan :
- Biarkan secangkir teh kental semalam.
- Paginya oleskan air teh ke seluruh kulit wajah.
- Biarkan kering dengan sendirinya.
- Bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu bilas dengan air biasa.
- Lakukan secara rutin setiap hari.
3. Biji pinang
Biji pinang secara kimiawi mengandung zat tannin yang bersifat karminatif yaitu mampu mengecilkan pori-pori kulit. Selain itu, biji pinang juga mengandung senyawa arekolin yang sangat baik bagi kesehatan kulit karena mampu membentuk lapisan kolagen dan biji pinang juga mengandung zat antibakteri yang mampu membasmi jamur serta merangsang pembentukan pigmen pada kulit. Sehingga biji pinang juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam. Caranya yaitu sebagai berikut :
- Ambil satu biji pinang yang sudah tua.
- Parut biji tersebut dan beri sedikit air.
- Peras dan saring parutan tersebut.
- Oleskan di wajah yang bernoda, sedikitnya dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web